Resep Cara Membuat Butter Cream

Banyak bunda yang nanya resep buttercream. Ini bun resep buttercream ala nenny wijaya untuk membuat kue tart, bolu atau sekedar lapisan atas cake. Saya sendiri untuk kue tart ulang tahun biar tambah cantik. Oh ya tapi sebelumnya ada yang tanya. Bun mau tanya donk gula cair 350 gram ditambah air 1/2 gelas baru dikentalkan di atas kompor ya? Betul dimasak bunda tapi saya pernah lihat ada dijual gula cair merk rosebrand kalau mau buttercream putih bersih pakai gulaku. Jadi ada beberapa pilihan ya silahkan dipilih kalau mau yang pasti pakai saja yang ini.


Bahan:
  • Pertama bunda buat gula cair: 350 gram gula pasir dan 1/2 gelas air, dimasak hingga kental seperti kinca lalu dinginkan
  • 500 gram mentega putih
  • 50 sampai 100 gram mentega biasa atau margarin (makin banyak margarin makin gurih tapi juga makin lembek)
  • 2 sachet susu kental manis
  • Rhum atau vanili (bila suka)
Cara Membuat Butter Cream
  1. Mentega putih, mentega, vanili, susu dimikser sambil diberi gula cair (manis buttercreamnya selera bunda) sampai lembut dan kaku kira-kira selama 15-20 menit.
  2. Diamkan selama 15 menit sebelum digunakan untuk menghias kue.
Catatan :
  1. Apabila bunda agak ribet buat gula cair, bunda bisa menggantinya dengan gula halus sebanyak 500 gram (lebih banyak daripada gula pasir karena gula halus biasanya kurang manis rasanya) tapi hasilnya tidak selembut dengan gula cair ya bun.
  2. Apabila bunda hanya perlu sedikit buttercream, buatlah setengah resep saja agar nggak banyak tersisa, walaupun sisanya bisa disimpan dikulkas.
  3. Bikin gula cair susah susah gampang pakai filling kalau keenceran bisa lembek kalau kekentalan nanti mengkristal seperti kinca untuk cendol bun kentalnya.

Blogger
Disqus

Tidak ada komentar